LEARNING BY DOING

Solusi Menghidupkan Media Cetak Menggunakan SmartPhone dan Perangkat Lunak Augmented Reality


Penulis : Agung Puspita Bantala dan Didi Kurniadi

 A. PENDAHULUAN

Saat ini informasi menjadi begitu cepat dan mudah setelah adanya media online, sebagai contoh dengan tersedianya jaringan internet dan Smartphone berbasis android yang dapat dijadikan media untuk membantu mengakses informasi, yaitu integrasi informasi digital dengan lingkungan pengguna secara real time yang kita kenal dengan istilah "Augmented Reality". Sebagai contoh Pada peralatan praktek, panel-panel kelistrikan, dan beberapa modul serta job sheet yang diberikan dalam semua bengkel terdapat beberapa logo, gambar yang dapat discan/pindai, gambar yang di scan/pindai tidak hanya berbentuk QR code yang memiliki satu link informasi tapi berbentuk Image/logo yang memiliki multi-link informasi. Ketika logo yang tertera pada peralatan praktek contohnya instrumen kelistrikan dan mesin industri, tersebut discan/pindai menggunakan aplikasi yang dapat di download pada smartphone, maka akan muncul sebuah realitas maya (augmented reality) dari instrumen elektronik tersebut yang berisi informasi seperti wiring diagram dan fungsi dari tiap instrumen dalam bentuk animasi 3d maupun video. Begitu juga pada modul dan job sheet , Ilustrasi langkah kerja dapat ditampilkan berupa animasi 3d maupun video tutorial sehingga media cetak dari modul ataupun jobsheet akan lebih hidup dan halaman modul menjadi jauh lebih sedikit namun informasi yang dikandung sangat banyak karena dapat di visualisasi.

  Gambar 1. Trainer Smart Home dengan Logo yang dapat dipindai

B. AUGMENTED REALITY

Informasi sebuah benda yang sulit diwujudkan pada dunia nyata karena keterbatasan ukuran ataupun kerumitan pembuatan sehingga memerlukan biaya yang besar, ataupun benda tersebut tidak dapat diterima oleh indra pengguna karena wujudnya berupa produk imajinasi dapat ditampilkan seakan akan berada pada lingkungan nyata menggunakan Augmented reality, (HANIN 2019) hal ini membuat Augmented reality sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia maya sehingga informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna mempresepsikan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata, salah satu contoh Augmented reality adalah games “pockemon GO”yang populer saat ini.
 Gambar 2. Game Pockemon Go berbasis Augmented Reality

Augmented reality dapat diaplikasikan pada indra pengelihatan dan pendengaran, melalui perangkat-perangkat yang digunakan oleh orang banyak, seperti pada komputer/laptop dan smart phone.

a. SnapPress

SnapPress adalah aplikasi (perangkat lunak) yang dapat menghidupkan media cetak dengan solusi augmented reality menggunakan perangkat cellular, SnapPress dapat menjadi pintu gerbang antara media cetak dan digital virtual. Dengan menggunakan snappress informasi yang dikembangkan, dapat sangat sederhana sampai dengan sangat rumit, untuk informasi sederhana seperti contohnya video ataupun dokumentasi PDF, dan rumit bisa pemodelan 3d dari sebuah objek atau sistem
Sayangnya snappress content devlopment bukan perangkat lunak yang free ,namun perangkat pembaca atau snap press reader/scan/pindai dapat di unduh gratis atau 100% free pada google play store. (snappress t.thn.)
 Gambar 3. Snappress content development

b. SnapPress Pada Media Cetak dan Peralatan Praktek di Bengkel/Laborarorium/Workshop

Penggunaan snappress sebagai media yang digunakan siswa dalam menggali informasi dan mempresepsikan modul atau jobsheet, dapat di tunjukan dalam artikel ini. Pada pelajaran praktek tentang instalasi smart home siswa diberikan bahan ajar dalam cetak dengan informasi yang minim.
siswa diminta untuk memilih device yang akan digunakan dalam instalasi smarthome, pada bahan ajar cetak yang minim informasi tersebut ditemukan catatan untuk melakukan instalasi sebuah aplikasi readear dengan nama snappress melalui google play store.
 Gambar 4. Aplikasi Snappress 

Setelah aplikasi snappress di instal, kita melakukan scan/pindai pada perangkat / peralatan peraktek seperti pada “gambar 5 device yang harus discan/pindai” . Anda juga dapat melakukan hal yang sama untuk melihat informasi yang ditampilkan dengan cara menginstal snappress pada smartphone anda dan melakukan scan/pindai pada “gambar 5 device yang harus discan/pindai” dibawah.
 Gambar 5. Device yang dipindai/discan dengan Snappress 
Dari hasil scan/pindai menggunakan smartphone dan aplikasi snappress pada peralatan peraktek, akan tampil Augmented reality seperti pada “gambar 6 Augmented reality hasil scan/pindai snappress” :(1)berisi link website sekolah, (2)instruksi instalasi,(3) dokumentasi katalog tydom, (4) video instalasi
 Gambar 6. Hasil Pindai berupa link object/informasi dengan Snappress

c.  Langkah membuat informasi dengan SnapPress

Untuk membangun informasi menggunakan snappress dapat dilakukan dengan langkah berikut :
  1. Siapkan File Image untuk Background Konten Informasi, sebagai contoh konversi via online, melalui URL berikut:
a. URL Konversi Jpg to Pdf
b. URL Resize PDF to A4
  1. URL SnapPress
  1. instal aplikasi SnapPress di SmartPhone.dengan cara buka Google PlayStore ketikan: “SnapPress”
Untuk informasi detail tentang cara menggunakan snappress silahkan scan gambar (Image) berikut ini dengan menggunakan Aplikasi SnapPress di Smart Phone anda dan Instal melalui Play Store.
Gambar 6. Hasil Gambar yang dapat dipindai

C. VIDEO  

Video berikut menjelaskan proses membangun informasi digital pada media cetak yang terdiri dari Image atau logo dengan menggunakan Snappress beserta proses pemindaiannya. 
Video 1. SnapPress Build  >>Download disini<<

Video 2. SnapPress Scanning >>Download disini<<

D. PENUTUP

Kesimpulan dari hasil pengamatan terhadap teknologi augmented reality yang content informasinya dibangun menggunakan snappress sangat memudahkan bagi guru/staff pengajar ataupun pengelola bengkel, informasi yang dihasilkan cukup beragam mulai dari dokumen, video sampai simulasi model berbasis 3d, kemudahan pengembangan informasi berbasis Augmented reality sangat spadan dengan harga atau cost yang harus dikeluarkan pengembang informasi, karena aplikasi snappress adalah aplikasi berbayar atau non free, hal tersebut sangat sesuai untuk membeli kemudahan dari sebuah teknologi. Namun snappress juga menyediakan versi free dengan feature terbatas, versi free atau gratis sebenarnya cukup memadai dalam mengembangkan content informasi, Akhir kata sebuah kemudahan pasti memiliki biaya yang harus dikeluarkan.

E. REFERENSI

HANIN, B. 2019. “snappress augmented reality.” classroom persentation, fecamp.
snappress. t.thn. snappress.fr. Diakses april 10, 2019. https://snappress.fr/en/solution.php#.

F. QUIZ

Silahkan Kerjakan QUIZ Berikut ini...!

3 comments:

  1. Materinya bagus, tolong diberikan contoh lain aplikasi snapPress

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ibu saya coba dulu. Mohon juga dikomentari kekurangan blog saya

      Delete
  2. Informasi luar biasa. Terima kasih pak, semoga berkah ilmunya.

    ReplyDelete