Penulis :
Agung Puspita Bantala dan Didi Kurniadi
A. PENDAHULUAN
Saat
ini informasi menjadi begitu cepat dan mudah setelah adanya media
online, sebagai contoh dengan tersedianya jaringan internet dan
Smartphone berbasis android yang dapat dijadikan media untuk membantu
mengakses informasi, yaitu integrasi informasi digital dengan lingkungan pengguna secara real time yang kita kenal dengan istilah "Augmented Reality". Sebagai contoh Pada peralatan praktek, panel-panel
kelistrikan, dan beberapa modul serta job
sheet
yang diberikan dalam semua bengkel terdapat beberapa logo, gambar
yang dapat discan/pindai,
gambar yang di scan/pindai
tidak hanya berbentuk QR code
yang memiliki satu link informasi tapi berbentuk Image/logo yang
memiliki multi-link informasi.
Ketika logo yang tertera pada peralatan praktek contohnya instrumen
kelistrikan dan mesin industri, tersebut discan/pindai
menggunakan aplikasi yang dapat di download pada smartphone, maka
akan muncul sebuah realitas maya (augmented
reality)
dari instrumen elektronik tersebut yang berisi informasi seperti
wiring diagram dan fungsi dari tiap instrumen dalam bentuk animasi 3d
maupun video. Begitu juga pada modul dan job
sheet
, Ilustrasi langkah kerja dapat ditampilkan berupa animasi 3d maupun
video tutorial sehingga media cetak dari modul ataupun jobsheet
akan
lebih hidup dan halaman modul menjadi jauh lebih sedikit namun
informasi yang dikandung sangat banyak karena dapat di visualisasi.
Gambar 1. Trainer Smart Home dengan Logo yang dapat dipindai
B. AUGMENTED REALITY
Informasi sebuah
benda yang sulit diwujudkan pada dunia nyata karena keterbatasan
ukuran ataupun kerumitan pembuatan sehingga memerlukan biaya yang
besar, ataupun benda tersebut tidak dapat diterima oleh indra
pengguna karena wujudnya berupa produk imajinasi dapat ditampilkan
seakan akan berada pada lingkungan nyata menggunakan Augmented
reality,
(HANIN 2019) hal ini membuat Augmented
reality
sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya
dengan dunia maya sehingga informasi yang ditampilkan oleh benda maya
membantu pengguna mempresepsikan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata,
salah satu contoh Augmented
reality
adalah games “pockemon GO”yang populer saat ini.
Gambar 2. Game Pockemon Go berbasis Augmented Reality
Augmented reality
dapat diaplikasikan pada indra pengelihatan dan pendengaran, melalui
perangkat-perangkat yang digunakan oleh orang banyak, seperti
pada komputer/laptop dan smart
phone.
a. SnapPress
SnapPress
adalah aplikasi (perangkat lunak) yang dapat menghidupkan media cetak
dengan solusi augmented reality
menggunakan perangkat cellular, SnapPress dapat menjadi pintu gerbang
antara media cetak dan digital virtual. Dengan menggunakan snappress
informasi yang dikembangkan, dapat sangat sederhana sampai dengan
sangat rumit, untuk informasi sederhana seperti contohnya video
ataupun dokumentasi PDF, dan rumit bisa pemodelan 3d dari sebuah
objek atau sistem
Sayangnya snappress content
devlopment bukan perangkat lunak
yang free ,namun perangkat pembaca atau snap
press reader/scan/pindai dapat
di unduh gratis atau 100% free pada google play
store. (snappress t.thn.)
Gambar 3. Snappress content development
b. SnapPress Pada Media Cetak dan Peralatan Praktek di Bengkel/Laborarorium/Workshop
Penggunaan snappress sebagai media yang
digunakan siswa dalam menggali informasi dan mempresepsikan modul
atau jobsheet,
dapat di tunjukan dalam artikel ini. Pada pelajaran praktek tentang
instalasi smart home
siswa diberikan bahan ajar dalam cetak dengan informasi yang minim.
siswa diminta untuk memilih device
yang akan digunakan dalam instalasi smarthome, pada bahan ajar cetak
yang minim informasi tersebut ditemukan catatan untuk melakukan
instalasi sebuah aplikasi readear
dengan nama snappress melalui google play store.
Gambar 4. Aplikasi Snappress
Setelah aplikasi snappress di instal, kita
melakukan scan/pindai
pada perangkat / peralatan peraktek seperti pada “gambar
5 device yang harus discan/pindai”
. Anda juga dapat melakukan hal yang sama untuk melihat informasi
yang ditampilkan dengan cara menginstal snappress pada smartphone
anda dan melakukan scan/pindai
pada “gambar 5 device yang
harus discan/pindai” dibawah.
Gambar 5. Device yang dipindai/discan dengan Snappress
Dari hasil scan/pindai
menggunakan smartphone
dan aplikasi snappress pada peralatan peraktek, akan tampil Augmented
reality seperti pada “gambar 6
Augmented reality hasil scan/pindai snappress”
:(1)berisi
link website sekolah, (2)instruksi instalasi,(3) dokumentasi katalog
tydom, (4) video instalasi
Gambar 6. Hasil Pindai berupa link object/informasi dengan Snappress
c. Langkah membuat informasi dengan SnapPress
Untuk membangun informasi menggunakan
snappress dapat dilakukan dengan langkah berikut :
- Siapkan File Image untuk Background Konten Informasi, sebagai contoh konversi via online, melalui URL berikut:
a.
URL Konversi Jpg to Pdf
b.
URL Resize PDF to A4
- URL SnapPress
- instal aplikasi SnapPress di SmartPhone.dengan cara buka Google PlayStore ketikan: “SnapPress”
Untuk informasi detail tentang cara
menggunakan snappress silahkan scan
gambar (Image)
berikut ini dengan menggunakan Aplikasi SnapPress di Smart Phone anda
dan Instal melalui Play Store.
Gambar 6. Hasil Gambar yang dapat dipindai
C. VIDEO
Video
berikut menjelaskan proses membangun informasi digital pada media cetak
yang terdiri dari Image atau logo dengan menggunakan Snappress beserta
proses pemindaiannya.
Video 1. SnapPress Build >>Download disini<<
Video 1. SnapPress Build >>Download disini<<
Video 2. SnapPress Scanning >>Download disini<<
D. PENUTUP
Kesimpulan dari hasil pengamatan terhadap
teknologi augmented reality
yang content informasinya
dibangun menggunakan snappress sangat memudahkan bagi guru/staff
pengajar ataupun pengelola bengkel, informasi yang dihasilkan cukup
beragam mulai dari dokumen, video sampai simulasi model berbasis 3d,
kemudahan pengembangan informasi berbasis Augmented reality sangat
spadan dengan harga atau cost yang harus dikeluarkan pengembang
informasi, karena aplikasi snappress adalah aplikasi berbayar atau
non free,
hal tersebut sangat sesuai untuk membeli kemudahan dari sebuah
teknologi. Namun snappress juga menyediakan versi free dengan feature
terbatas, versi free atau gratis sebenarnya cukup memadai dalam
mengembangkan content informasi, Akhir kata sebuah kemudahan pasti
memiliki biaya yang harus dikeluarkan.
E. REFERENSI
HANIN, B. 2019. “snappress augmented reality.” classroom
persentation, fecamp.
snappress. t.thn. snappress.fr. Diakses april 10,
2019. https://snappress.fr/en/solution.php#.
Materinya bagus, tolong diberikan contoh lain aplikasi snapPress
ReplyDeleteIya Ibu saya coba dulu. Mohon juga dikomentari kekurangan blog saya
DeleteInformasi luar biasa. Terima kasih pak, semoga berkah ilmunya.
ReplyDelete